Wisata Buatan dan Wisata Alam Jawa Timur Yang Wajib Kamu Kunjungi

Jawa Timur memiliki banyak sekali tempat wisata yang  menjadi daya tarik wisatawan dalam negeri hingga wisatawan luar negeri  mulai dari wisata alam hingga wisata buatan. Nah wisata buatan Jawa Timur bermacam-macam seperti taman hiburan, kolam renang, dan masih banyak lagi.. Sedangkan wisata alam Jawa Timur mulai dari gunung, pantai, telaga, hingga kawah Nah berbagai tempat wisata di Jawa Timur pun memiliki  pesonanya  sendiri-sendiri untuk menarik pengunjung. Kali ini kita akan membahas beberapa wisata alam dan buatan di Jawa Timur yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Jawa Timur. Dijamin kamu gak akan rugi deh kalau mengunjungi tempat-tempat dibawah ini! Nah penasaran apa saja wisata buatan dan alam di Jawa Timur yang wajib kamu kunjungi? Biar ga penasaran terus, yuk langsung kita bahas aja.

  • Wisata buatan Jawa Timur
  • Wisata Batu Night Spectacular

Batu night spectacular atau biasa dikenal dengan nama BNS, merupakan wisata buatan yang terdapat di kota Malang, Jawa Timur. Tepatnya berada di Desa Oro-Oro Ombo. Wisata yang satu ini paling pas kamu kunjungi pada waktu malam hari karena kamu akan memandang keindahan banyak lampion warna-warni. Itulah mengapa BNS merupakan salah satu wisata malam yang  ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Kalau dari pusat kota Batu Malang, ditempuh selama 15 menit. Cukup dekat kan? Selain menikmati keindahan lampion-lampion, disini kamu bisa mencoba beberapa wahana permainan dengan membayar 10 ribu rupiah per orangnya.  Wahana permainan di BNS mulai dari gallery hantu, slalom test, sepeda udara tertinggi, trampolin. Wahana adrenalin yang menantang juga tersedia disini mulai dari drag race, mouse coaster, dan masih banyak lagi. Oh iya ada wahana yang disediakan khusus anak-anak seperti kids zone. BNS mulai buka pukul 3 sore hingga pukul 12 malam.

  • Jawa Timur Park 3

Jawa Timur Park 3 merupakan wisata baru di kota Batu yang resmi dibuka pada 24 November 2017. Berbeda dengan Jatim Park 1 dan Jatim Park 2, Jatim Park 3 lebih berkonsep wisata edukasi  bertema dinosaurus seperti Jurrasic Park. Walaupun terbilang baru, tetapi wisata yang satu ini sudah dibanjiri banyak pengunjung.  lokasinya berada di Jalan Soekarno, Desa Beji. Wahana yang tersedia disini banyak banget seperti galeri lima zaman dino, akuarium 4 dimensi, dino mall, the rimba, invinity, hingga patung T rex raksasa yang bisa bergerak. Tempat ini cocok banget deh untuk kamu yang mau mengenal lebih dalam tentang dinasaourus mulai dari nama, spesiasnya, sampai habitatnya.  Untuk tiket masuknya,terbilang mahal dibandingkan Jatim Park 1 dan Jatim Park 2, yakni 100 ribu per orangnya. Jatim Park 3 mulai beroperasi mulai jam 11 hingga jam 10 malam.

  • Wisata alam Jawa Timur
  • Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan salah satu gunung yang sangat terkenal di Jawa Timur. Apalagi bagi para pendaki, belum lengkap rasanya kalau ke Jawa Timur tidak mendaki gunung yang satu ini. kalau kamu sudah mencapai puncak Gunung Semeru, kamu akan disuguhi pemandangan yang luar biasa. Nah salah satu yang unik dari Gunung Semeru, disini terdapat sebuah danau yang bernama ranu kumbolo yang berada di ketinggian 2.400 mdpl. di pinggiran danau ini kamu akan menjumpai banyaknya tenda yang dibangun oleh para pendaki gunung. Kalau soal pemandangan, disini benar—benar keren banget deh! Ditambah hawa dingin yang menyelimuti Gunung Semeru dan hijaunya pepohonan yang menjadi pelengkap dari wisata Gunung Semeru. Kalau kamu kesini rame-rame mengajak keluarga atau temen, bakal tambah asyik deh! Oh iya untuk  menuju Gunung Semeru, kamu bisa melalui kota Malang ataupun Lumajang.

 

  • Kawah Ijen

Kawah ijen merupakan kawah danau terbesar di Pulau Jawa.  Kawah danau ini terletak di provinsi Jawa Timur, tepatnya di kota Bayuwangi. Yang unik dari kawah ijen, terdapat belerang di dalam kawah danaunya yang bewarna tosca serta ada api biru atau blue fire. Fenomena alam inilah yang sukses menghipnotis para pengunjung. tak heran banyak pengunjung yang mengabadikan fenomena alam yang satu ini. fenomena kawah yang satu ini bisa kamu lhat di waktu malam hingga subuh. Namun jika ingin menikmati pemandangan kawah ini kamu harus menempuh perjalanan pendaki sejauh 3 km dalam waktu kurang lebih 1,5 jam dengan berjalan kaki. Memang melelahkan, namun semua kelelahan itu akan terbalas dengan keindahan alam kawah ijen.

Nah itu dia beberapa rekomendasi wisata buatan dan alam di Jawa Timur yang wajib kamu kunjungi. Semoga bermanfaat!