Tips Menjaga Imun Tubuh Anak Meningkat

Setiap orang tua pasti menginginkan si kecil tumbuh dengan sehat, mereka akan melakukan berbagai cara untuk bisa meningkatkan sistem imun agar si kecil tak gampang jatuh sakit. Sistem imun atau daya tahan tubuh terdiri dari sekumpulan sel jaringan dan organ tubuh untuk melindungi tubuh dari molekul asing yang berasal dari luar tubuh seperti bakteri, virus, jamur, parasit dan lainnya.

Sistem imun terdiri dari,

  1. Imunitas bawaan (innate), imunitas ini mampu memberikan perlindungan yang cepat meskipun bersifat tidak spesifik dan tidak memiliki memori.
  2. Imunitas yang didapat (adaptif), imunitas ini bersifat sebaliknya dengan imunitas bawaan yaitu imunitas yang terbentuk lebih lambat namun bersifat spesifik terhadap molekul asing yang masuk ke dalam tubuh dan memiliki memori sehingga dapat mengingat bila molekul yang sama datang lagi suatu saat.

Saat lahir, sistem imun anak belum terbentuk dengan sempurna dan akan terus berkembang mengikuti pertambahan usia. Imun yang baik dipercaya dapat melindungi tubuh dan tak mudah jatuh sakit. Berikut ini adalah langkah mudah untuk bisa meningkatkan imun tubuh sang anak.

  1. Cukupi mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi dan seimbang

Gizi yang baik memang dibutuhkan oleh tubuh, namun dibutuhkan keseimbangan, karena jika status gizi kurang justru akan menimbulkan kondisi imunosupresi atau berkurangnya daya tahan tubuh sehingga tubuh rentan terhadap penyakit. Sama halnya jika status gizi yang berlebih akan meningkatkan resiko inflamasi kronis yang mengganggu imun tubuh juga. Itulah pentingnya keseimbangan nutrisi bagi tubuh, dan mulailah dari sekarang untuk mendapatkan nutrisi seimabng untuk si kecil mulai nutrisi makro seperti karbohidrat, protein dan lemak. Dan nutrisi mikro yaitu vitamin dan mineral. Sayur-sayuran dan buah-buahan mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh.

  1. Berjemur di bawah sinar matahari

Banyak manfaat yang bisa di dapat dengan berjemur dibawah paparan matahari yang sesuai. Sangat baik jika mau berjemur di bawah sinar matahari selama 10-15 menit, dan sebaiknya dilakukan pada pukul 10 pagi dan pukul 4 sore, karena jika tengah hari yang terpancar adalah sinar ultraviolet B (UVB) yang mampu mengaktifkan kolesterol yang terdapat pada kulit manusia dan menghasilkan vitamin D. Vitamin D merupakan senyawa anti inflamasi yang berperan penting untuk kerja sistem imun tubuh.

  1. Istirahat yang cukup

Sistem imun dan tidur sangat erat kaitannya satu sama linnya. Jika tubuh kurang istirahat maka tubuh akan lemah dan mudah terkena penyakit. Selama tidur, tubuh akan mengeluarkan sitokin yang mampu melawan infeksi. Anjuran tidur yang sebaiknya dilakukan adalah,

-bayi usia 4-12 bulan membutuhkan waktu tidur 12-16 jam tidur sehari

-anak usia 1-2 tahun membutuhkan waktu tidur selama 11-14 jam tidur sehari

-anak usia 3-5 tahun membutuhkan waktu tidur selama 10-13 jam tidur sehari

-anak usia 6-12 tahun membutuhkan waktu tidur selama 9-12 jam tidur sehari

  1. Aktif bergerak

Biasakan sang anak bergerak aktif sedari kecil, tak hanya berolahraga tetapi jugahal-hal kecil seperti bermain atau membiasakan berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Untuk anak yang berusia dibawah 3 tahun dianjurkan aktif selama 3 jam sehari, dibawah 5 tahun melakukan aktivitas fisik sedang hingga berat selama 3 jam sehari.

  1. Mengurangi stres

 Ada pengaruh buruk pada anak jika mengalami stres yang berkepanjangan karena dapat mengeluarkan hormon-hormon yang mengganggu daya tahan tubuh.

Semoga tips di atas bisa dilakukan dengan baik, sehingga imun tubuh anak menjadi kuat dan anak akan tumbuh sehat. clubwanita.com