Berencana Berlibur ke Taman Laut Bunaken? Wajib Baca 5 Tips Ini Nih Supaya Liburanmu Makin Seru dan Menyenangkan

Belum lengkap rasanya kalau berlibur ke Manado tidak mengunjungi Taman laut Bunaken. Tempat wisata yang satu ini merupakan destinasi paling terkenal di pulau Sulawesi. Bahkan objek wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara.  Lokasinya berada di kota Manado, Sulawesi Utara.

Wisata yang satu ini bahkan sudah menarik banyak pengunjung selama berpuluh-puluh tahun lho! Apalagi setelah diakui sebagai salah satu objek wisata terbaik oleh UNESCO sejak tahun 2005. Dijamin kamu akan puas deh kalau datang kesini.  Nah buat kamu yang sudah merencanakan liburan untuk datang ke tempat wisata ini, wajib baca tips dibawah ini nih agar liburanmu ke Taman Bunaken jadi semakin seru dan menyenangkan! Pengen tahu apa saja tipsnya? Simak baik-baik penjelasannya ya. . .

  1. Memilih waktu yang tepat untuk berkunjung ke Taman Bunaken

Tekadang , banyak wisatwan yang tidak terlalu memperdulikan tentang kapan waktu pas untuk berkunjung ke Taman Laut Bunaken. Padahal, hal ini penting juga lho! Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Laut Bunaken adalah pada bulan Mei hingga bulan Agustus.  Waktu ini pas banget untuk kamu berlibur kesini, karena pada saat itu kondisi suhu disana sedang hangat. Air laut nya juga jernih sekali , dari atas permukaan laut pun kamu sudah bisa melihat keindahan biota bawah laut. Pas banget deh buat kamu yang ingin  diving dan snorkeling! Waktu-waktu ini juga tepat sekali, dimana banyak flaura dan fauna di Taman Laut Bunaken sedang berkembang biak. Waktu dimana penyu hijau sedang musim kawin, kamu bisa melihat banyak penyu hijau yang akan naik ke pesisir pantai untuk  bertelur. Sedangkan di bawah laut kamu bisa melihat koral-koral bermekaran indah.

Nah sedangkan untuk bulan lainnnya bagaimana ya? Pada bulan Januari dan Desember tidak disarankan karena pada saat ini air laut sedang pasang, gelombang tinggi, serta air berwarna keruh. Kok bisa ya airnya menjadi keruh? Tentu saja bisa, karena akan ada banyak sampah yang ikut terbawa ombak air laut yang tinggi. Nggak ada yang mau kan kalau saat diving dan snorkeling dikelilingi banyak sampah? Berbeda dengan bulan Oktober. Di bulan Oktober setiap tahunnya diadakan Festival Bunaken lho! Dijamin kegiatannya seru banget.  Ada kontes foto menyelam hingga ada kegiatan dimana kamu bisa melepaskan anak-anak penyu yang lucu sekali.

  1. Mengetahui biaya untuk menyebrang ke Taman Laut Bunaken

Sebelum kamu berkunjung Taman Laut Bunaken, kamu harus tahu dulu nih biaya penyerbangannya. Untuk ke Taman Laut Bunaken, penyebrangannya  lewat jalur air. Nah harga yang ditawarkan juga berbeda-beda tergantung dari jenis kapalnya. Harga sewa kapal berkisar dari harga 700 ribu rupiah hingga harga 2 jutaan dan bisa memuat sampai 15 penumpang.

  1. Membeli tiket pesawat dari jauh-jauh hari

Tips yang satu ini umumnya juga berlaku pada semua destinasi wisata. Ada baiknya saat kamu hendak berkunjung ke Taman Laut Bunaken, membeli tiket pesawatnya dar jauh-jauh  hari. Kalau membeli tiketnya dari jauh-jauh hari harganya jauh lebih murah kan dibadingkan kamu membelinya pada saat dekat waktu liburan? Karena kalau kamu membelinya di dekat-dekat hari keberangkatan justru relatif mahal. Tak ada salahnya kalau kamu jadi lebih berhemat.

  1. Mencari tahu biaya-biaya aktivitas di Taman Laut Bunaken

Ada 2 aktivitas air yang ditawarkan disini, yaitu diving dan snorkeling.  Kamu juga harus tahu berapa biaya yang harus kamu keluarkan. Untuk snorkeling, kamu diwajibkan untuk menyewa alat selam seharga 100-150 ribu rupiah yang terdiri dari kaki katak dan masker. Untuk diving, kamu perlu mengeluarkan lebih banyak biaya yaitu sekitar 2 jutaan. Oh iya jangan lupa untuk mengabadikan momen saat berada di bawah laut. Kamu bisa membawa kamera underwater dari rumah atau menyewanya disini dengan harga 200 ribuan saja.

  1. Membawa peralatan yang dibutuhkan sebelum berlibur ke Taman Laut Bunaken

Tips terakhir yang nggak kalah penting dari tips sebelumnya yaitu jangan lupa membawa perlatan yang dibutuhkan. Mulai dari baju ganti, baju renang, sunblock, cemilan, peralatan mandi, alat selam (kalau kamu punya), dan yang nggak ketinggalan bawa sandal jepit juga.

Nah itu dia 5 tips yang harus kamu ketahui sebelum berlibur ke Taman Laut Bunaken.  Nah setelah membaca tips-tips diatas, sudah siapkah kamu untuk menghabiskan waktu liburanmu di Taman Laut Bunaken? Siapkan semuanya dengan baik ya agar liburanmu berjalan dengan baik dan pastinya jadi makin seru deh! Dapatkan tips menarik lainnya seputar wisata asyik di blog www.WisataAsyik.com.