Bukit Grenden Pakis Magelang, Wisata Alam dengan Spot Foto Kekinian di Lereng Merbabu

Magelang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki potensi wisata yang menajubkan. Diantaranya yang terkenal hingga ke mancanegara ialah Candi Borobudur yang merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia. Keren banget bukan? Selain Candi Borobudur, ada banyak lagi destinasi wisata Magelang yang sangat menarik untuk dikunjunginya. Nah salah satunya ialah Bukit Grenden Pakis Magelang. Bukit Grenden menjadi salah satu destinasi wisata Magelang yang sangat kekinian dan instagramable. Awalnya, bukit ini merupakan jalur alternatif menuju puncak Gunung Merbabu. Ada tiga jalur yang bisa dilalui pendaki untuk menuju Gunung Merbabu, yaitu Selo, Swanting, dan Bukit Grenden. Berikut pembahasan unik terkait Bukit Grenden.

Daya Tarik Bukit Grenden

Nama “Grenden” sendiri diambil dari nama dusun yang letaknya berada di lokasi wisata yaitu dusun Grenden, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Bukit Grenden memiliki pemandangan alam hutan pinus yang seringkali dijadikan sebagai spot foto yang menarik. Beberapa spot foto yang bisa kamu temukan di Bukit Grenden ialah Hammock, Rumah Kurcaci, Gardu Pandang, Menara kursi, bulan sabit, love, menara pohon, dan rumah terbalik. Selain bisa berfoto di spot foto menarik, kamu bisa menyempatkan diri untuk menikmati pemandangan sunrise di pagi hari dan sunset di waktu petang. Hal tersebut didukung dengan lokasinya yang berada di perbukitan sehingga menyajikan pemandangan alam yang indah serta suasana alam yang sejuk.

Lokasi dan Cara Menuju Bukit Grenden

Bukit Grenden berlokasi di lereng Merbabu, tepatnya di Dusun Grenden, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Bukit Grenden terbilang cukup mudah dijangkau ditambah tempat wisata ini memang cukup populer di Magelang. Perjalanan menuju Bukit Grenden dimulai dengan melewati Jalan Raya Kopeng lalu belok ke arah Ketep pass Magelang. Dari situ, ikuti jalan menuju Salatiga. Nantinya kamu akan melihat sebuah spanduk bertuliskan Wisata Alam Grenden yang terpampang di sebelah kanan. Nah tinggal ikuti saja jalan utama sambil melihat petunjuk jalan. Jika masih bingung, kamu bisa membuka aplikasi Google Maps di smartphone kamu. Penduduk sekitar juga terbilang ramah kok, jadi jangan sungkan  untuk menanyakan arah jalah pada mereka.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Bukit Grenden

Untuk bisa menikmati keindahan Bukit Grenden kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 untuk hari biasa dan Rp12.000 untuk hari libur. Nah untuk biaya parkir dikenakan biaya sebesar Rp3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan roda empat. Dengan harga segitu kamu sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada tersedia disana. Sebelum masuk ke lokasi wisata, nantinya warga akan menanyakan keperluan kamu datang, apakah untuk melakukan pendakian ataukah hanya sekedar menikmati suasana Bukit Grenden. Destinasi wisata Bukit Grenden buka setiap hari mulai pukul 5 pagi hingga pukul 5 sore.

Nah itu dia informasi menarik mengenai Bukit Grenden Pakis Magelang. Tertarik mengunjunginya? Jika tertarik, yuk segera rencanakan waktu berliburmu untuk berkunjung kesini!  Kamu juga bisa mengunjungi wisata air di jawa barat. Semoga bermanfaat.