Hati-hati! Inilah Penyebab dan Ciri-Ciri Tubuh Mengalami Kekurangan Gizi!

Pernahkah kamu mendengar tentang kekurangan gizi (malnutrisi)? Kekurangan gizi (malnutrisi) adalah gangguan kesehatan yang serius dan terjadi pada saat tubuh tidak memperoleh asupan nutrisi yang cukup. Padahal, nutrisi sangat dibutuhkan oleh tubuh agar mampu menjalankan fungsinya dengan baik

Malnutrisi ini dapat terjadi karena tubuh kekurangan gizi, namun dalam jangka waktu yang lama. Pada awalnya, tanda-tanda tubuh kekurangan gizi tidak begitu terlihat dengan jelas, sehingga banyak orang yang tidak menyadari bahwa tubuhnya mulai kekurangan gizi.

Lalu, apa saja ciri-ciri atau tanda-tanda tubuh yang kekurangan gizi? Berikut ini 10 tanda-tanda tubuh kekurangan gizi yang wajib kamu ketahui.

 

Penyebab Tubuh Kekurangan Gizi

Kekurangan gizi bisa saja terjadi karena kamu tidak menjalankan pola makan yang sehat. Selain itu, beberapa hal yang dapat menyebabkan tubuh kekurangan gizi, yaitu:

  1. Mengalami gangguan makan, seperti bulimia dan anoreksia nervosa
  2. Mempunyai kondisi yang menyebabkan tubuh menjadi sulit untuk mencerna atau menyerap nutrisi, contohnya cacingan dan penyakit radang usus
  3. Mengkonsumsi minuman beralkolhol terlalu sering dan dalam jumlah yang banyak, sehingga bisa mengganggu proses pencernaan serta penyerapan nutrisi pada tubuh.
  4. Menjalani diet yang terlalu ketat sehingga menyebabkan kamu menjadi kekurangan kalori dan berbagai nutrisi penting lainnya
  5. Menderita suatu penyakit yang menyebabkan nafsu makan menjadi terganggu, seperti HIV/AIDS, kanker atau penyakit hati.
  6. Menderita kesulitan untuk menelan atau disfagia

 

Tanda-tanda Tubuh Kekurangan Gizi

Beberapa tanda yang muncul ketika tubuh kekurangan gizi, yaitu:

  1. Konsentrasi menurun
  2. Mudah terjatuh karena otot yang melemah
  3. Penurunan berat badan
  4. Jaringan lemak dan otot didalam tubuh berkurang
  5. Terjadinya pembengkakan pada bagian tubuh tertentu, seperti di wajah, kaki atau perut
  6. Kulit dan rambut kering
  7. Mudah lelah
  8. Lebih mudah untuk terkena infeksi yang disebabkan oleh melemahnya sistem kekebalan tubuh
  9. Kehilangan selera makan
  10. Perubahan mood atau suasana hati

 

Nah, itulah tadi beberapa penyebab dan tanda-tanda tubuh mengalami kekurangan gizi. Penting untuk diketahui bahwa kekurangan gizi dapat dialami oleh siapapun, baik itu anak-anak, orang dewasa atau bahkan lansia. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk memperhatikan kebutuhan gizi mulai dari sekarang ya. Semoga bermanfaat!